News of Himmah Program

Our Latest News of Himmah Program 2018

Move your body...!

Move your body...!

Mens sana in corpore sano”, jiwa dan akal yang sehat, terdapat dalam raga yang sehat pula. Sebuah frase dalam bahasa Latin yang cukup sering kita dengar pada konteks olah raga dan pendidikan untuk menunjukkan bahwa latihan fisik adalah bagian yang sangat penting dalam pencapaian mental dan jiwa yang sehat. Hal ini juga ditekankan oleh Rasulullah saw; beliau bersabda “orang Mu’min yang kuat, lebih dicintai Allah dari pada Mu’min yang lemah”; Kata kuat disini, dimaksudkan kuat dalam hal jiwa dan raga. Oleh karena itu, seorang Mu’min, haruslah kuat dan sehat jiwa-raga nya; karena sebuah misi besar diembankan di bahunya yaitu sebagai seorang khalifah sekaligus hamba Allah di muka bumi. Salah satu cara mendapatkan raga yang kuat dan sehat, adalah dengan rutin melakukan olah raga.

Global Islamic Boarding School mempunyai sebuah program rutin yang disebut physical fitness. Program ini dilaksanakan minimal dua kali satu minggu pada pagi dan sore hari, yang bertujuan agar siswa-siswi GIBS terbiasa melakukan excercise sehingga mereka bisa menjadi lebih sehat. Sudah umum diketahui, bahwa anak-anak zaman sekarang sangat kecanduan dengan gadget yang menyebabkan mereka kurang gerak. Hal itu diperburuk lagi dengan mengkonsumsi makanan-makanan instan yang kurang kandungan gizinya. Maka selain mengawasi kualitas gizi pada makanan dan cemilan, GIBS juga mengharuskan anak-anaknya melakukan aktifitas fisik tersebut.

Aktifitas fisik merupakan hal yang cukup berat dilakukan anak-anak millenial, karena kebanyakan yang mereka lakukan saat ini di rumah hanya duduk santai dengan handphone-nya. Begitu pula siswa-siswi GIBS, hal ini pada awalnya hal berat untuk mereka lakukan karena mereka belum terbiasa. Tetapi dengan berjalannya waktu, terutama setelah mereka mengerti manfaatnya, mereka mulai menikmati kegiatan ini.

Dengan ini, sangat penting bagi siswa baru untuk membiasakan diri dengan physical fitness; terutama karena mereka baru saja meninggalkan rumah dan berpisah dengan HP kesayangan mereka. Maka pada hari Kamis, 4 July 2018 anak-anak diperkenalkan dengan program mingguan ini. Pada hari ini, mereka full melakukan kegiatan olah raga yang notabene nya di luar ruangan. Sebagian mereka ada yang bermain futsal, basket, dan olah raga lainnya. Dibantu dengan kaka-mentor, kegiatan hari ini berjalan cukup lancar, tidak ada anak yang hanya duduk diam tanpa melakukan apa-apa, semuanya bergerak dan bersenang-senang.