Sejarah :

Global Islamic Boarding School (GIBS) didirikan sebagai wujud bakti Yayasan Hasnur Centre untuk pengembangan SDM di Banua. Mengambil lokasi di Desa Sungai Lumbah,  Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala tepatnya di pinggir jalan Trans Kalimantan, pada hari Rabu tanggal 21 April 2010, dilakukanlah peletakan batu pertama.

Peletakan batu pertama ini dilakukan oleh pendiri Hasnur Group Bapak H. Abdussamad Sulaiman H.B., Bupati Barito Kuala Bapak H. Hasanuddin Murad, Ketua  Yayasan Hasnur Centre kala itu Alm. H. Syamsul Muarif dan diikuti oleh para habaib, ulama, dan tokoh-tokoh lainnya.

Dua tahun berselang, setelah pembangunan gedung dan sarana prasarana selesai dilakukan, maka pada tanggal 11 Februari 2012, SMA GIBS mengadakan soft launching. Pada saat itu, SMA GIBS secara resmi memulai penerimaan siswa baru melalui pelaksanaan test penerimaan siswa baru yang diikuti oleh 130 orang calon siswa yang terdiri dari calon siswa mandiri dan calon siswa penerima beasiswa Yayasan Hasnur Centre.

Pada hari itu juga dilaksanakan seminar pendidikan dengan tema “Membangun Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Berasrama” yang diikuti oleh kurang lebih 250 orang peserta yang berasal dari guru-guru se Kalimantan Selatan dan masyarakat umum.

Pada tanggal 30 Juni 2012, secara resmi dimulailah kegiatan KBM tahun pelajaran 2012/2013 untuk angkatan perdana SMA GIBS. Peresmian tahun pelajaran 2012/2013 ini sekaligus juga merupakan pembukaan “Himmah Program” yakni masa “peleburan” dimana diwaktu kurang lebih dua bulan seluruh siswa baru SMA GIBS akan mengikuti masa-masa penyesuaian dan penyamaan visi dan misi, serta kemampuan dasar mereka dalam berbahasa asing (Inggris dan Arab).

Selanjutnya pada tanggal 9 Februari 2013, SMA GIBS diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh. Peresmian sekolah juga ditandai dengan penandatanganan prasasti yang disaksikan oleh Menristek Gusti Muhammad Hatta, Gubernur Kalsel H. Rudy Ariffin, Bupati Batola H. Hasanuddin Murad, pendiri Yayasan Hasnur Centre H. Abdussamad Sulaiman HB, Ketua Yayasan Hasnur Centre Letjend (Purn) Djamari Chaniago, dan Ketua Harian Yayasan Hasnur Centre Hj. Nila Susanti Sulaiman.

JAS MERAH : JAngan Sekali-kali MElupakan sejaRAH

“Bung Karno”

Visi & Misi :

Visi :

” Mewujudkan lembaga pendidikan yang islami berkualitas dan terdepan dalam melahirkan pemimpin masa depan “

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang mengarah kepada pembentukan siswa yang memiliki intelektual, integritasmoral, dan spiritual untuk mengabdi kepada bangsa, negara, dan agama
  2. Menyiapkan lulusan yang berdaya saing lokal, nasional dan global sebagai bagian dari warga dunia.
  3. Menyiapkan sumber daya manusia yang dinamis, inovatif dan tangguh dalam membangun masyarakat Banua dan Indonesia yang bermartabat
  4. Menjadikan SMA GIBS sebagai model lembaga pendidikan boarding bermutu di Banua dan peduli terhadap lingkungan.